Desain Komunikasi Visual (Deskomvis)

Program studi Desain Komunikasi Visual UNS adalah program studi yang berlandaskan pada ilmu desain berbasis komunikasi visual dan estetika yang memanfaatkan serta memberdayakan elemen-elemen visual/rupa sebagai alat untuk mengefektifkan dan mengefisiensikan suatu pesan atau informasi yang akan dikomunikasikan agar pesan tersebut dapat mempengaruhi dan merubah perilaku sasaran sesuai dengan tujuan yang diinginkan, secara informatif, komunikatif dan persuasif melalui pemahaman yang baik mengenai budaya rupa Nusantara. Sejalan dengan ilmu desain, dimana penemuan dimungkinkan melalui jalur praktika dan teori, maka program studi ini menyelenggarakan program ahlimadya dan sarjana yang merujuk pada penelitian melalui praktika.

Tujuan Pendidikan
Menghasilkan lulusan yang memiliki sikap serta perilaku yang siap, tangguh, luwes dan gigih dalam bidang komunikasi visual yang perkembangannya saat ini berbasiskan pada teknologi digital dan pengaruhnya pada sistem komunikasi visual. Menghasilkan lulusan yang kreatif dan inovatif dan memiliki jiwa kewirausahaan.

Bidang Kajian Desain Komunikasi Visual
Perkembangan ekonomi dan industri senantiasa menuntut penyesuaian di segala bidang. Oleh karena itu proses pembelajaran pada prodi d’cafe dibagi menjadi tiga jalur pilihan, yaitu :
* Jalur pilihan bidang Desain Grafis (Graphic Design)
* Jalur pilihan bidang Multimedia (Multimedia)
* Jalur pilihan bidang Periklanan (Advertising)

Kompetensi Lulusan
* Memiliki kemampuan merancang karya desain komunikasi visual statis dengan perantaraan media yang diam. Dituntut penguasaan keahlian bidang desain grafis dan penulis naskah dengan mempertimbangkan faktor-faktor persuasi, komunikasi, media riset, tipografi, fotografi dan ilustrasi.
* Memiliki kemampuan merancang karya disain komunikasi visual dinamis dengan perantara media yang bergerak. Dituntut penguasaan terhadap bidang audio visual, animasi, penulisan skrip, penyuntingan dan penyutradaraan dengan mempertimbangkan faktor persuasi, komunikasi, media, riset media, tipografi, fotografi dan ilustrasi.
* Mampu merumuskan gagasan secara sistematis dan mengkomunikasikan secara efektif.
* Mampu bekerja sama dengan bidang keahlian lain yang terkait dalam suatu organisasi kerja.

Lapangan Kerja Bidang Desain Komunikasi Visual
* Biro konsultan desain
* Biro iklan
* Desain website
* Studio desain komunikasi visual
* Percetakan dan penerbitan
* Rumah produksi multi media dan lainnya
* Hubungan masyarakat/public relation lembaga swasta dan pemerintah


Portfolio

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s